Thursday, October 7, 2010

TEORI PERKEMBANGAN MORAL MENURUT KOHLBERG

Tingkat 1 (Pra-Konvensional)
anak tidak memperlihatkan internalisasi nilai-nilai moral – penalaran moral dikendalikan oleh imbalan (hadiah) dan hukuman eksternal.

TAHAP 1. Orientasi kepatuhan dan hukuman.
Pada tahap ini, penalaran moral didasarkan atas hukuman. Anak-anak taat karena orang dewasa menuntut mereka untuk taat.

TAHAP 2. Orientasi minat pribadi
( Apa untungnya buat saya?)
penalaran moral didasarkan atas imbalan (hadiah) dan kepentingan sendiri.

Tingkat 2 (Konvensional)
Seseorang menaati standar-standar (internal) tertentu, tetapi mereka tidak menaati standar-standar orang lain (eksternal), seperti orang tua atau aturan-aturan masyarakat.

TAHAP 3. Orientasi keserasian interpersonal dan konformitas
( Sikap anak baik)
Pada tahap ini, seseorang menghargai kebenaran, keperdulian, dan kesetiaan kepada orang lain sebagai landasan pertimbangan-pertimbangan moral. sambil mengharapkan dihargai oleh orangtuanya atau orang lain.

TAHAP 4. Orientasi otoritas dan pemeliharaan aturan sosial
( Moralitas hukum dan aturan)
pertimbangan-pertimbangan didasarkan atas pemahaman aturan sosial, hukum-hukum, keadilan, dan kewajiban.

Tingkat 3 (Pasca-Konvensional)
moralitas benar-benar diinternalisasikan dan tidak didasarkan pada standar-standar orang lain. Seseorang mengenal tindakan-tindakan moral alternatif, menjajaki pilihan-pilihan, dan kemudian memutuskan berdasarkan suatu kode moral pribadi.

TAHAP 5. Orientasi kontrak sosial
Seseorang menyadari bahwa hukum penting bagi masyarakat, tetapi juga mengetahui bahwa hukum dapat diubah. Seseorang percaya bahwa beberapa nilai, seperti kebebasan, lebih penting daripada hukum.

6. Prinsip etika universal
( Principled conscience)
Pada tahap ini, seseorang telah mengembangkan suatu standar moral yang didasarkan pada hak-hak manusia yang universal.

Para remaja mereka lebih sering berpikir dengan cara - cara kkonvensional yaitu pada tingkat ke 2 pada teori perkembangan Kohlberg.



Rizky Fajar.
NPM :16509521
kelas : 2 PA 03

No comments:

Post a Comment